Rabu, 18 Agustus 2010

Daftar 'Dosa-dosa' Michael Schumacher di F1

Insiden dengan Rubens Barrichello di Grand Prix F1 Hongaria jadi yang kesekian dilakukan oleh juara dunia F1 tujuh kali, Michael Schumacher.
Berikut 7 insiden paling terkenal yang melibatkan Schumi yang kini memperkuat Mercedes GP, sesuai dilansir ESPN:

Grand Prix Inggris, Silverstone, 1994
Schumi finis kedua di belakang Damon Hill, tapi ia didiskualifikasi karena tidak melihat tanda penalti yang diberikan. Setelah menyalip Hill di antrean safety car, Schumi mengabaikan bendera hitam yang mengarahkan Schumacher agar kembali ke pit.

Grand Prix Australia, Adelaide, 1994
Schumacher dan Hill bersaing di klasemen, dalam lomba itu Schumi memimpin di depan dan sempat melintir. Kemudian ia kembali melanjutkan lomba dan Hill berusaha menyalip di tikungan berikutnya, lalu Schumi berusaha memepetnya. Akibatnya, kedua pembalap keluar lintasan dan tidak bisa melanjutakan lomba. Akhirnya Schumacher dikukuhkan menjadi juara dunia.

GP Eropa, Jerez, Spanyol, 1997
Kali ini, Schumacher bersama Jacques Villeneuve bersaing merebut gelar juara dunia sampai di seri terakhir. Ketika Villeneuve akan menyalip, Schumi coba menghalangi dan terjadilah senggolan yang menyebabkan Schumi keluar dari lintasan. Villeneuve mampu melanjutkan lomba hingga finish di posisi 3. Schumi dipersalahkan atas insiden itu dan dikeluarkan dari klasifikasi akhir.

Grand Prix Kanada, Montreal, 1998
Schumacher dihukum penalti 10 detik dan dituduh telah melakukan manuver berbahaya yang memaksa Heinz-Harald Frentzen keluar jalur dan keluar dari perlombaan. Sedangkan Schumi masih bisa memenangkan lomba.

Grand Prix Austria, A1-RING, 2002
Rubens Barrichelo berada di depan dan memimpin lomba dari awal hingga akhir. Pihak Ferrari memerintahkan agar pembalap Brasil itu melebar ke samping agar memungkinkan rekan setimnya Michael Schumacher melewatinya di putaran terakhir hingga gelar juara direbut oleh Schumi. Akibat insiden team order ini, Ferrari didenda 1 juta dolar AS.

Grand Prix Monaco, 2006
Schumacher terdegradasi dari posisi 2 menjadi juru kunci karena coba menghalangi laju mobil Fernando Alonso yang berpeluang memenangkan lomba tersebut.

Grand Prix Hongaria, 2010
Schumacher sedang berjuang mendahului Rubens Barichello di trek lurus dan coba merapatkan Barichello ke dinding. Barrichello menyebut itu sebagai insiden "paling berbahaya" selama karirnya. Sedangkan Schumi mendapat sanksi pengurangan 10 posisi di lomba berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar